Mari Belajar Bahasa Kantonis Hongkong

Cari Kosakata

Memperkenalkan diri

Introduce Yourself Phrase and Sentence :
Perkenalan diri prasa dan kalimat dalam bahasa kantonis Hongkong.

NAME

你貴姓呀 ?
lei⁵ kwai³ sing³ a ?
What is your surname ? (family name)


你點稱呼 ?
lei⁵ tim² cing¹ fu¹ ?
How to call you ?


點样稱呼你 ?
tim² yoeng⁶ cing¹ fu¹ lei⁵ ?
How to call you ?


叫我陳生
kiu³ ngo⁵ can⁴ saang¹
Call me Mr. Chan


我係李太
ngo⁵ hai⁶ lei⁵ daai³
I'm Mrs. Lee


你叫乜嘢名 ?
lei⁵ kiu³ mat¹ ye⁵ meng⁴ ?
Nama kamu siapa ?


你叫咩名
lei⁵ kiu³ me¹ meng⁴
Nama kamu siapa ?


我叫Ryan
ngo⁵ kiu³ Ryan
Nama saya Ryan








Saya datang dari Indonesia
 ngo hai yannei lei 喺印尼呢
(Saya) sangat senang berkenalan denganmu
 hou ko hing ying sik lei 好高興認識你
Dimana kamu tinggal ?
lei hai pinto jyu 你喺邊道住
Where do you live?
 lei jyu heung pinto 你住响邊道
Rumahku ada disana
 ngo okgei cau hai ko to 我屋企就喺嗰道
Saya tinggal di sebelah 
 ngo jyu hai kaak lei 我住喺隔離
Sampai jumpa
coi kin 再見

Nationality 

你係邊度人 ?
nei⁵ hai⁶  pin¹tou⁶  yan⁴ 
Where are you from ?


我係印尼人
ngo⁵ hai⁶ yan³nei⁴ yan⁴
Aku orang Indonesia


我唔係香港人
ngo⁵ m⁴ hai⁶ hoeng¹ kong² yan⁴
Aku bukan orang Hong Kong


你係唔係菲律宾人呀?唔係,我印尼人
nei⁵ hai⁶m⁴hai⁶  fei¹ leot⁶ pen¹ yan⁴ a³ ? 
m⁴hai⁶  ngo⁵ yan³nei⁴ yan⁴

Apakah kamu orang Filipina ? bukan, saya orang Indonesia


我唔係菲律宾人呀
ngo⁵  m⁴hai⁶  fei¹ leot⁶ pen¹ yan⁴ a³ 
Aku bukan orang Filipina 



Jobs

你做咩架 ?
nei⁵ zou⁶ me¹ gaa³ ? 
What do you do ?


我係工人 
ngo⁵ hai⁶  kung¹ yan⁴ 
I'm a Worker (domestic helper)


我唔係老師 
ngo⁵ m⁴hai⁶  lou⁵ si¹
I'm a not teacher


我唔係師傅 
ngo⁵ m⁴hai⁶  si¹ fu²
I'm a not master




Baca juga :
1. Kai siu jikeCome3
2. PekerjaanCome3
3. Nama NegaraCome3
Come1Come3
Come1Come3



No comments:

Post a Comment

Copyright © Belajar Bahasa Hongkong. All rights reserved. Template by CB