Jenis Taxi di Hongkong

Secara umum, terdapat tiga jenis taksi yang beroperasi di Hong Kong. Tiga jenis taksi tersebut dibedakan berdasarkan daerah operasinya dan ketiganya mempunyai warna yang berbeda.

Urban Taxi

Urban taxi dikenal sebagai jasa transportasi taksi yang paling mahal di Hong Kong. Selain itu, Urban taxi juga mempunyai daerah oprasi yang luas, mencapai semua wilayah New Territories, Kowloon serta Pulau Hong Kong. Taksi ini juga bisa ditemukan di Tung Chung (Lantau), bandara udara di Chek Lap Kok (Lantau) serta Disneyland Hong Kong.
 New Territories Taxi
Taksi ini beroperasi di New Territories, termasuk di antaranya adalah Sha Tin, Tuen Mun, Yuen Long, Fanling, Sheung Shui, Pak Tam Chung, Tai Po, West of Ting Kau serta Nort of Chuen Lung. Selain itu, taksi ini juga diperbolehkan beroperasi di Airport serta Disneyland. Mereka juga diperbolehkan untuk nongkrong di Prince of Wales Hospital, Hin Keng Neighbourhood Community Centre, Chak On Estate, HKUST, Tseung Kwan O Hospital, Hang Hau Station, Tsing Yi Station serta Tsuen Wan Station.

Lantau Taxi
Transportasi taksi yagn satu ini punya wilayah operasi yang sangat terbatas, di antaranya adalah di bagian selatan Pulau Lantau, Tung Chung, Airport serta Disneyland. Taksi ini jumlahnya juga tak banyak dan bisa dikenali dengan warna biru.

Selain itu, terdapat pula beberapa hal yang mesti diperhatikan kalau ingin menggunakan jasa transportasi taksi di Hong Kong. Di antaranya adalah:
  • Penumpang diperbolehkan untuk membawa binatang di dalam taksi. Namun untuk yang satu ini dikenakan biaya tambahan sebesar 5 dolar Hong Kong per ekor.
  • Barang-barang yang mempunyai ukuran panjang+lebar+tinggi lebih dari 140 cm harus ditaruh di bagasi dan dikenakan biaya tambahan.
  • Penumpang juga boleh meminta struk pembayaran dan kalau Anda tak diberikan struk, maka sopir taksi tersebut melanggar aturan.
  • Para sopir di Hong Kong juga biasanya tak memberikan uang kembalian kalau Anda memberikan uang senilai 500 dolar Hong Kong atau 1000 dolar Hong Kong.
untuk cara naik taxi di Hong Kong juga kalimat2 apa saja yang diucapkan bisa klik disini

No comments:

Post a Comment